Program Sekolah

By Hacked By YakuzoHaxor 05 Jul 2015, 16:32:54 WIB

PENGENALAN PROGRAM SEKOLAH
SMP NEGERI 4 MADIUN
Jl. Abdul Rahman Saleh No. 3 Madiun

VISI SMP NEGERI 4 MADIUN    
“Terwujudnya insan berprestasi yang beriman, berilmu, beramal, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup serta berwawasan internasional"
MISI SMP NEGERI 4 MADIUN
1.    Membentuk peserta didik yang unggul dalam bidang imtaq, iptek dan berbudaya lingkungan hidup serta berwawasan internasional.
2.    Membentuk warga sekolah yang disiplin, bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan sosial.
3.    Membentuk warga sekolah berperilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH SEMESTER GANJIL
1.PPBD ( Penerimaan Peserta Didik Baru )
2.MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah )
3.Kemah Besar
4.HUT SMP Negeri 4 Madiun
5.Kegiatan Idhul Adha
6.Pemilihan Ketua OSIS
7.Penilaian Tengah Semester Ganjil
8.LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan)
9.Wisata Belajar
10.Penilaian Akhir Semester Ganjil

PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH SEMESTER GENAP
1.Retreat untuk peserta didik yang beragama Kristen dan Katolik
2.Wisata Religi
3.Penilaian Tengah Semester Genap
4.Ujian Praktek
5.Penilaian Akhir Semester Genap
6.Ujian Sekolah


Kegiatan Ekstra Kulikuler yang ada di SMP Negeri 4 Madiun
1. Bola Voli
Kegiatan ekstra kulikuler bola voli dilaksanakan setiap hari rabu dengan koordinator kegiatan Bapak Dwyanto Tjahjono, S.Pd.
2. Bulu Tangkis
Kegiatan ekstra kulikuler bulu tangkis dilaksanakan setiap hari rabu dan minggu dengan koordinator kegiatan Bapak Dwyanto Tjahjono, S.Pd.
3. Tenis Meja
Kegiatan ekstra kulikuler tenis meja dilaksanakan setiap hari kamis dengan koordinator kegiatan Bapak Drs. Totok Sapko Cahyono

4. Bola Basket
Kegiatan ekstra kulikuler bola basket dilaksanakan setiap hari selasa, kamis dan minggu dengan koordinator kegiatan Bapak Drs. Johanes Hendrarto
5. Catur
Kegiatan ekstra kulikuler catur dilaksanakan setiap hari kamis dengan koordinator kegiatan Bapak Drs. Prasetyo
6. Renang
Kegiatan ekstra kulikuler renang dilaksanakan setiap hari sabtu dengan koordinator kegiatan Bapak Saifur Rochman, S.Pd
7. Sepak Bola
Kegiatan ekstra kulikuler sepak bola dilaksanakan setiap hari rabu dan sabtu dengan koordinator kegiatan Bapak Agus Hariyanto, S.Pd.

8. Karawitan
Kegiatan ekstra kulikuler karawitan dilaksanakan setiap hari rabu dengan koordinator kegiatan Bapak Drs. Sutomo
9. Tari
Kegiatan ekstra kulikuler tari dilaksanakan setiap hari selasa dengan koordinator kegiatan Ibu Sri Retno Purwati, S.Pd.
10. Lukis
Kegiatan ekstra kulikuler lukis dilaksanakan setiap hari selasa dengan koordinator kegiatan Ibu Yessica Hana Nur Fadila, S.Pd
11. Vokal / Paduan Suara
Kegiatan ekstra kulikuler vocal / paduan suara dilaksanakan setiap hari rabu dengan koordinator kegiatan Bapak Samuel Lucky Santoso,S.Th

12. Band
Kegiatan ekstra kulikuler band dilaksanakansetiap hari rabu dengan koordinator kegiatan Bapak Samuel Lucky Santoso,S.Th
13. Drum Band
Kegiatan ekstra kulikuler drum band dilaksanakansetiap hari selasa dan kamis dengan koordinator kegiatan Bapak Samuel Lucky Santoso,S.Th
14. Hadroh
Kegiatan ekstra kulikuler hadroh dilaksanakan setiap hari kamis dengan koordinator kegiatan Ibu Nurul Afifah, M.Pdi.
15. English Conversation
Kegiatan ekstra kulikuler english conversation dilaksanakan setiap hari rabu dengan koordinator kegiatan Ibu Kristina Herawati, S.Pd.

16. Karya Ilmiah Remaja
Kegiatan ekstra kulikuler karya ilmiah remaja dilaksanakan setiap hari kamis dengan koordinator kegiatan Ibu Dinar Ekawati, S.Pd, M.Pd
17. Pramuka
Kegiatan ekstra kulikuler pramuka dilaksanakan setiap hari jumat dengan koordinator kegiatan Bapak Tri Setyo Budihandono, ST dan Ibu Septiana Anggarani, S.Pd
18. TPA
Kegiatan ekstra kulikuler TPA  dilaksanakan setiap hari kamis dengan koordinator kegiatan Bapak Muhamad Ma'sum,S.Pd I

KURIKULUM 2013

SMP Negeri 4 Kota Madiun melaksanakan Kurikulum 2013 untuk semua tingkat dan menerapkan semua prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 2013. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadaplingkungan.
ASPEK PENILAIAN KURIKULUM 2013
Aspek Pengetahuan
Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menmbah wawasan peserta didik di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini, jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter,. Pada Kurikulum 2013 memang diintergrasikan dengan pendidikan karakteryang telah dicanangkan pemerintah
Keterampilan
Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat, melaksanakan,danmengerjakan suatu soal atau proyek sehingga peserta didik dapat terlatif sifat ilmiah dan karakteryang merujuk pada aspek keterampilan. Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan pengerjaan soal,keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek, keterampilan membuat teks,dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.
Sikap dan Perilaku
Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian,teman sejawatdalam sebuah lembaran nilai,dan diambil oleh diri masing-masing peserta didik.

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID – 19
Upaya sekolah untuk mengantisipasi kondisi New Normal dengan menerapkan konsep pembelajaran jarak jauh sehingga diharapkan siswa dapat belajar dari rumah. Pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 4 Madiun menggunakan E-Learning LMS Moodle dan Google Sites. Melalui E-Learning dan Google Sites materi pembelajaran dapat diakses kapan saja dan dari mana saja, di samping itu materi yang dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia dengan cepat dapat diperbarui oleh guru.

Sehubungan dengan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Online SMPN 4 Madiun, maka semua siswa diharapkan :
a. Telah menerima buku paket yang dipinjamkan dari perpustakaan sekolah.
b.    Telah memiliki buku tulis beserta alat tulis untuk setiap Mata Pelajaran (12 Mata Pelajaran).
c. Memiliki data internet/wifi bagus dan stabil.
d. Buka laman web smpn4madiun.sch.id
e. Login menggunakan username dan password atas nama masing-masing pribadi.
f. Presensi kehadiran melalui aplikasi
g. Mengikuti kegiatan dengan jujur, tertib, disiplin dan tanggungjawab Pembelajaran Jarak Jauh ONLINE SMPN 4 Madiun sebagai bagian dari proses pembelajaran Wajib mengikuti seluruh kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh sesuai jadwal pelajaran yang telah diberikan per kelas (tidak diperkenankan untuk mengakses jadwal kelas lain/materi yang bukan pada jamnya), jika melanggar username dan password akan dinonaktifkan

Tata Tertib dalam proses pembelajaran daring yaitu:
a.    Peserta didik wajib melakukan absensi sebelum mengikuti pembelajaran daring.
b.    Peserta didik wajib mengikuti proses pembelajaran daring sesuaidengan jadwal yang telah ditentukan dan siap depan kamera apabila guru menginstruksikan dan mengikuti pembelajaran dengan baik.
c.    Peserta didik wajib berpakaian rapi dan memperhatikan etika dan estetika ruangan pada saat meeting
d.    Peserta didik tidak diperkenankan mengoperasikan fitur aplikasi apabila belum diinstruksikan oleh guru.
e.    Apabila peserta didik ingin bertanya kepada guru, peserta didik dapat memberikan kode atau pesan teks kepada guru.
f.    Peserta didik tidak diperkenankan melakukan aktifitas lain pada saat mengikuti pembelajaran, kecuali atas seizin guru.

PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS
Prinsip pembelajaran adaptasi kebiasaan baru terkait masa pandemic Covid19 yaitu Kesehatan dan keselamatan yang merupakan prioritas utama bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan semua warga satuan
Pendidikan.
Pelaksanaan tatapmuka terbatas bisa dilaksanakandi lingkungan sekolah atau pun diluar lingkungan sekolah melalui kegiatan outdoor learning 
Jika ada Pembelajaran tatap muka terbatas maka pembelajaran harus dilaksanakan dengan menerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pembelajaran yang sudah di ditentukan


SOP Protokol Kesehatan bagi Peserta didik
Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) STEPA HEBAT SMP Negeri 4 Madiun

1. Sebelum peserta didik berangkatke sekolah dipastikan dalam keadaan sehat, memakai seragam bersih, sudah sarapan dan membawabekal makan minum dari rumah.
2.    Peserta didik datang di sekolah berhentipada titik penurunan dan tidak bergerombol
3.    Peserta didik datang wajib bermasker dan menggunakan face shieldSiswa sebelum masuk kelas wajib mencuci tangan memakai sabun menggunakan air mengalir di tempat yang disediakan.
4.    Peserta didik membersihkanruangan dan lingkungan sekolah secara rutin (minimal 1 kali sehari) dengan desinfektankhususnya handel pintu, saklar lampu, dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan.
5.    Antar peserta didik menerapkan social distancingdan physical distancing,jarakbangku/ meja dalam ruangan minimal 1,5 meter.
6.    Apabila peserta didik terdapat gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesaknapas, segera lapor BK/ Petugas UKS untuk ijin pulang, mengisolasi diri serta menghindari banyak kontakdengan orang lain.
7. Peserta didik tidak diperkenankan berbagi makanan, minuman, termasukperalatan makan minum dan alat musik tiup yang akan meningkatkanrisiko terjadinya penularan penyakit.
8. Peserta    didik    harus    menghindari    kontak    fisik    langsung
(bersalaman,cium tangan, berpelukan, dsb).
9. Pembelajaran sesuai dengan waktu yang ditentukan
10.    Setelah selesai KBM Peserta didik wajib langsung pulang tanpa harus berkerumundi dalam atau di luar sekolah.

Cara Belajar Efektif
Saat pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran tatap muka, peserta didik harus mempunyai cara belajar yang efektifagar materi yang di pelajari bisa terserap dengan baik
Belajar yang efektif adalah proses belajar mengajar yang berhasil guna, dan proses pembelajaran itu mampu memberikan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu / kualitas yang lebih baik serta dapat memberikan perubahan perilaku dan dapat diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil dari pembelajaran itu akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.
Dan untuk mencapai belajar yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah tips-tips belajar yang baik dan benar 
1. Doa
Jangan lupa banyak-banyak berdoa. Karena selain dari nilai religi-nya, hal tersebut dapat membuat kita lebih fokus ketika belajar dan dapat membuat pikiran kita lebih tenang
2. Fokus
Ketika belajar, kita dituntut untuk serius. Jangan setengah hati. Karena pikiran kita tidak dapat melakukan / memikirkan beberapa kegiatan / hal dalam satu waktu.
3. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran 
Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada.
4. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.
5. Kerjakan PR
Kerjakan PR dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya. Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya.
6. Disiplin Dalam Belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. 
7. Cukup Istirahat, Makan Dan Bermain
Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah belajar di sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!
8. Ikutilah Kegiatan Ektrakurikuler Yang Kamu Senangi
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.
 Terima Kasih